[Writing Competition] Aplikasi Internet Of Things

Pernahkah kamu membayangkan bagaimana bila semua benda dapat saling berkomunikasi satu sama lain melalui internet? Sekarang kamu tidak perlu membayangkannya lagi karena hal tersebut semuanya kini sudah mulai menjadi kenyataan. Karena kini kita sudah mulai masuk era Internet Of Things atau biasa disingkat IoT. Istilah IoT dikenalkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 pada salah satu presentasinya dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.


Ponsel dan komputer merupakan salah satu contoh dari IoT. Namun, IoT tidak hanya sebatas itu. Kedepannya semua benda-benda dalam kehidupan sehari-hari seperti kulkas, ac, tv, dan lainnya akan tersambung ke Internet. Kalau dulu ada isitlah Connecting Every People sekarang ada istilah Connecting Every Things. Namun untuk apa benda-benda tersebut terhubung ke internet? Benda-benda tersebut terhubung ke internet agar dapat belajar dari yang lain(contohnya menggunakan data-data yang ada di internet) dan tentu untuk mempermudah kehidupan manusia. Simak contoh penerapan IoT berikut ini :

Untitled

Smart Refrigerator Samsung
Sumber : Kahfi Dirga Cahya/KOMPAS.com

Contoh pertama adalah kulkas. Gambar tersebut merupakan kulkas pintar dari Samsung. Dalam kulkas tersebut terdapat kamera yang berguna untuk memantau isi kulkas. Kita bisa memantau isi kulkas tersebut menggunakan ponsel di mana saja dan kapan saja. Dengan begitu kita bisa tau apakah kita masih memiliki stok makanan di rumah, jika tidak kita bisa segera membelinya ke supermarket. Kita tidak perlu lagi was-was apakah masih punya stok makanan atau tidak. Selain itu terdapat pula fitur pengingat makanan. Fitur ini berguna untuk mengingatkan kita tentang kadaluwarsa makanan yang ada di dalam kulkas. Dengan begitu kita bisa mengurangi jumlah makanan basi yang terbuang percuma hanya karena lupa dimakan. Artinya teknologi ini juga mampu membantu mengenai masalah pangan di dunia.

1Untitled

Penyiram Tanaman Otomatis Edyn Garden
Sumber : ippinka.com

Contoh kedua adalah sebuah penyiram tanaman otomatis. Kedengarannya seperti suatu benda yang sepele. Namun alat ini cukup membantu kita dalam menyiram tanaman karena seringkali kita lupa untuk melakukan hal tersebut. Alat ini tidak sekedar menyiram otomatis sesuai jadwal tetapi juga dapat mendeteksi kandungan tanah, cuaca, kelembapan udara. Selain itu alat itu dapat memberi saran kepada kita dari koleksi data-data dimiliki mengenai tanaman apa yang cocok pada daerah kita, kapan waktu panen yang pas, dsb.

11Untitled

Ilustrasi Lampu Kota
Sumber : pexels.com

Untuk skala yang lebih besar IoT dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan smart city. Contohnya seperti di Kota Semarang dimana lampu-lampu penerangan jalan dikontrol di suatu tempat. Terdapat fitur yang dapat mendeteksi lampu mana saja yang rusak. Dengan begitu lampu tersebut dapat segera diperbaiki tanpa perlu repot-repot berkeliling ke tiap sudut kota yang tentunya memakan waktu dan biaya yang lebih besar. Selain itu, terdapat fitur untuk mengatur intensitas cahaya lampunya sehingga dapat dibuat terang di tempat-tempat yang membutuhkan.
Masih banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan IoT tentunya. Oleh karena itu, ini merupakan suatu kesempatan bagi kita sebagai mahasiswa elektroteknik untuk dapat menjadi pemain di era IoT ini. Selain itu, berdasarkan Data Akamai Q4 2015 Global Average Connection Speeds Rankings. Rata-rata kecepatan internet tertinggi indonesia mencapai peringkat 6 dunia memungkinkan IoT bisa dilaksanakan.
Nah apakah-apakah kamu tertarik untuk menjadi pemain dari IoT ?

Shalahuddin Al Ayyubi
Teknik Elektro
13215037

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_of_Things diakses 9 November 2016
http://www.reopan.com/internet-of-things-kevin-ashton/ diakses 9 November 2016
http://www.ippinka.com/blog/edyn-garden-sensor-technological-green-thumb-2/ diakses 9 November 2016
http://www.kaskus.co.id/thread/5818168a1a9975d2368b456d/semua-jadi-lebih-mudah-sejak-ada-internet-ya-gan diakses 9 November 2016
https://www.youtube.com/watch?v=clYhR5ZfLvA diakses 9 November 2016
http://www.lighting.philips.com/main/systems/connected-lighting/connected-lighting-for-smart-cities/lighting-cities-today/semarang.html diakses 9 November 2016

113 Comments on “[Writing Competition] Aplikasi Internet Of Things

Comments are closed.