Untuk Kamu dan Kita

Logo BP(1)


Untuk calon-calon pemimpin HME ITB khususnya, massa HME umumnya


Banyak sudah tenaga yang kalian curahkan, ide yang kalian pikirkan, hati yang kalian mantapkan, dan janji yang kalian ucapkan hingga hari ini. Tujuannya tiada lain adalah untuk perbaikan dan kemajuan HME sekarang dan di masa yang akan datang. Untuk HME, dan ketujuratusan massanya, dengan keunikannya masing – masing. Seperti itu pula lah kalian, Fiqi, Fatur, dan Rangga, adalah salah tiga dari massa yang unik akan karakter dan dengan keinginan menjadi pemimpin HME ITB ke depannya.


Fiqi,
Diam adalah emas tercermin dalam pribadimu. Kecerdasan dan daya analisis yang kuat dapat menjadi modal berhargamu untuk terus berkarya memecahkan permasalahan yang ada di sekitar. Begitu pun pengalaman – pengalamanmu selama ini seperti Ketua EEDays, Kadiv Logistik Wisuda April, Staff Keprofesian Elektro, dan pengalaman lainnya, jadikan pengalaman-pengalaman itu sebagai guru, yang membuatmu semakin bijak dalam mengambil keputusan. Pengalaman itu akan membantumu terus berkembang dan memperluas sudut pandangmu tentang dunia, termasuk HME di dalamnya.


Fatur,
Suatu kebahagiaan bagimu untuk selalu menghadirkan tawa bahagia pada diri orang lain. Hal ini membuat kehadiranmu memiliki makna tersendiri bagi massa HME. Pribadi yang penuh dengan kehangatan dan kenyamanan membuat orang tak segan untuk dekat dan berbagi pikiran denganmu. Pengalaman sebagai Kadiv Profil 1 tentang mengenal HME ITB (MBC), Mankon kebanggaan HME ITB, Staff KART, dan pengalaman lainnya telah membuat potensi dan cara pandangmu berkembang lebih luas lagi. Teruslah berkarya dan membuat orang lain bahagia, karena di situlah sebenarnya letak kebahagiaan.


Rangga,
Keinginan dan motivasi yang kuat sudah tertancap dalam dirimu. Kegigihan untuk terus belajar dan menjelajahi berbagai hal baru menjadikan pribadimu sebagai sosok yang dinamis. Pembelajaran yang kamu dapatkan di kampus Ganesha dengan menjadi Danlap PLO, Kadiv Profil 2 Tentang Softskill (MBC), Anggota MPA HME ITB, dan pengalaman lainnya dapat kamu jadikan bekal ke depannya. Peliharalah rasa keingintahuanmu yang besar itu, kelak dengan itu kamu akan dapat berbagi lebih banyak lagi.


Sudah banyak perubahan yang terjadi pada diri kalian, tetapi ingatlah untuk terus belajar. Belajar mengenal diri, belajar mengenal teman, belajar mengenal HME, dan belajar mengenal kehidupan. Dengan mengenal, kalian akan lebih banyak memahami dan bijaksana dalam bersikap, karena sejatinya tidak ada yang sempurna.


Jika kalian merasa sudah berusaha maksimal untuk HME, hilangkanlah rasa itu. Jika kalian sudah menganggap diri kalian pantas menjadi pemimpin, hilangkanlah anggapan itu. Hilangkanlah setiap titik kesombongan yang ada dalam diri kalian dan jadilah pemimpin yang rendah hati, yang terus mau belajar dari siapapun. Banyak harapan yang dititipkan di pundak kalian, jawablah harapan-harapan itu dengan aksi nyata dan bersungguh-sungguh.


Untuk massa HME, dukung dan bantulah para pemimpin dan calon pemimpin kita, baik dalam hal-hal positif dengan cara berkontribusi membantu, maupun dalam hal-hal negatif dengan mengingatkan dan menunjukkan jalan yang lebih baik. Karena sejatinya seorang pemimpin adalah pribadi di tengah-tengah kelompok manusia, bukan kelompok dalam pribadi seseorang. Mereka bukanlah sosok sempurna, karena manusia selalu memiliki kekurangan. Saat kita menyadari ada yang salah, kita selalu memiliki pilihan untuk mengingatkan, membantu, menjelekan, atau diam. Pilihlah pilihan yang terbaik. Ingatlah, tidak ada kepemimpinan tanpa ketaatan.


Pesan saya, jadilah manusia merdeka yang senantiasa berpikir dan bergerak dari hasil pemikiran, bukan manusia yang terjebak atas jawaban orang lain dan menutup mata hati karena perkataan orang lain. Karena begitulah cara menghargai dan mensyukuri diri sendiri atas nikmat Tuhan YME. Bersikaplah rendah hati, teruslah berusaha dan belajar untuk menegakkan kebenaran.


Dan terakhir, entah nanti HME akan dibawa menjadi fast learner, kritis, ataupun layaknya rumah, pastikan tekad yang sudah kalian buat akan tetap kalian lakukan untuk kebaikan bersama, khususnya HME ITB.