Siapkah Indonesia untuk Mobil Listrik?

tumblr_inline_ocusfvGeNS1u0dcou_1280

Mobil listrik merupakan kendaraan bermotor yang menggunakan listrik sebagai penggerak utamanya, sehingga tidak memiliki emisi. Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan bahan bakar minyak dan sebagian besar kendaraan di Indonesia merupakan kendaraan berbahan bakar minyak. Kendaraan konvensional tersebut menghasilkan emisi yang berpotensi membahayakan lingkungan yang jika terus dibiarkan akan menjadi sangat berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu, diperlukan alternative lain yang lebih ramah lingkungan, salah satunya adalah dengan adanya mobil listrik.
Mobil listrik memang dapat menjadi sebuah terobosan untuk permasalahan ini, namun perlu diperhatikan juga beberapa aspek, seperti lingkungan, infrasutruktur, teknologi, dan ekonomi di Indonesia. Jika aspek-aspek tersebut tidak diperhatikan, maka mobil listrik justru akan membuat suatu permasalahan baru di Indonesia. Oleh sebab itu, kami mengadakan sebuah kajian bertemakan “mobil listrik : Siapkah Indonesia untuk Mobil Listrik?”.
Kajian ini dimulai dengan breakdown permasalahan. Setelah berdiskusi bersama, didapatkan 4 aspek utama yang menjadi perhatian kami, yaitu aspek lingkungan, aspek teknologi, aspek ekonomi, dan aspek sosial politik. Dari keempat aspek tersebut, dibreak lagi menjadi beberapa hal. Aspek lingkungan dipecah lagi menjadi 2 hal yang akan dibahas yaitu, emisi dan baterai dari mobil listrik. Aspek teknologi dibagi menjadi baterai yang digunakan mobil listrik, charger, infrastruktur di Indonesia, dan performa dari mobil listrik. Aspek ekonomi dibagi menjadi harga, market penjualan, dan biaya kepemilikan mobil listrik. terakhir, aspek social politik akan dibahas tentang kebijakan pemerintah dan feasibilitas mobil listrik. lalu, kami mengumpulkan data yang diperlukan.
Kajian dilakukan bersama massa HME pada tanggal 25 April 2016. kajian dilakukan dengan melakukan pemaparan materi terkait mobil listrik berdasarkan empat aspek yang diperoleh saat breakdown masalah. Setelah pemaparan materi dilakukan ditemukan beberapa permasalahan terkait “Siapkah Indonesia untuk mobil listrik?”. Sebelum itu, kami memilih Jakarta sebagai sampel terkait kondisi di Indonesia. Beberapa permasalahan tersebut diantaranya adalah infrastruktur yang masih belum mendukung seperti supercharger karena diperlukan pengisian ulang yang cepat untuk menjalankan mobil listrik, pembangkit listrik yang ada di Indonesia masih didominasi oleh tenaga uap yang menjadikan hal tersebut emisi tidak langsung, kemacetan yang sering terjadi sangat mengganggu dan juga persebaran penduduk yang tidak merata, serta dukungan pemerintah yang masih kurang terhadap perkembangan mobil listrik di Indonesia.
Dengan mempertimbangkan permasalahan terkait mobil listrik di Indonesia, dapat dilihat bahwa Indonesia masih belum siap untuk mobil listrik dan untuk saat ini, mobil listrik bukan solusi yang tepat untuk permasalahan lingkungan di Indonesia. Namun, kami memberikan beberapa solusi untuk dalam mempersiapkan Indonesia untuk mobil listrik, diantaranya adalah memperbaiki dan meningkatkan infrastruktur di Indonesia yang dapat mendukung mobil listrik seperti supercharger, mengganti sumber energy listrik yang renewable, pemerataan penduduk di daerah-daerah yang ada di Indonesia, serta yang lebih utama adalah adanya dukungan yang lebih dari pemerintah.

oleh Belva Prima / 132140134

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *