RULEBOOK TECH-INNOVATION CHALLENGE

 

Deskripsi Acara

Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB menyelenggarakan U-NNOVATION 2016 dengan salah satu acara utama berupa kompetisi tingkat nasional jenjang SMA/sederajat. “Tech-Innovation Challenge” merupakan kompetisi inovasi berskala nasional, kompetisi ini akan mengajak mahasiswa SMA/sederajat untuk unjuk kemampuan dalam berinovasi. Tema yang diangkat pada kompetisi kali ini adalah “Inovasi Teknologi dalam Penyelesaian Permasalahan di Indonesia.Kompetisi ini akan menguji kemampuan peserta dalam mengidentifikasi permasalahan yang ada dan inovasi peserta dalam membuat solusi yang tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Ruang lingkup permasalahan akan diberikan oleh pihak panitia setelah proses pendaftaran ditutup, yaitu pada tanggal 7 Oktober 2016 (Setelah perpanjangan registrasi).

Solusi disusun dalam sebuah slideshow dengan format ppt.

Kriteria Penilaian

- Inovasi
    a. Originalitas ide, kreativitas
    b. Tepat sasaran
    c. Impact ke masyarakat
    d. Kemudahan implementasi

- Visualisasi slideshow
    a. Penjelasan yang interaktif

 

Ketentuan Umum

1.Peserta adalah siswa aktif yang terdaftar resmi pada suatu sekolah yang sudah terakreditasi oleh pemerintah.
2. Peserta harus melengkapi setiap berkas pendaftaran on-line dengan jujur. Jika ditemukan informasi yang tidak sesuai dengan kebenaran, maka peserta beserta anggota kelompoknya akan digugurkan dari kompetisi.
3. Setiap kelompok terdiri atas 1 s/d 3 siswa SMA dari satu sekolah yang sama.
4. Setiap sekolah dapat mengirimkan lebih dari satu kelompok.
5. Setiap kelompok wajib mendaftar di http://hme.ee.itb.ac.id/tech-innovation-challenge/ yang akan dibuka mulai pada tanggal 11 September 2016 pukul 00.00 WIB dan ditutup pada tanggal 6 Oktober 2016 (Perpanjangan registrasi) pukul 23:59 WIB.
6. Setiap kelompok diwajibkan membayar biaya pendaftaran sebelum pendaftaran ditutup, yaitu pada tanggal 6 Oktober 2016 (Perpanjangan registrasi) pukul 23:59 WIB.
7. Tech-Innovation Challenge terdiri atas dua tahap,yaitu babak penyisihan (preliminary) dan babak final (grand final).
8. Panitia Tech-Innovation Challenge berhak untuk menggugurkan peserta secara sepihak bila dianggap melakukan kecurangan dalam bentuk apapun atau melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia.
9. Keputusan juri pada Tech-Innovation Challenge tidak dapat diganggu gugat. Peserta atau pihak manapun tidak mempunyai hak untuk melakukan intervensi terhadap juri dalam melakukan penilaian.
10. Panitia Tech-Innovation Challenge mempunyai hak secara sepihak untuk mengubah dan menambah peraturan namun segala bentuk perubahan dan penambahan peraturan akan diberitahukan ke peserta via email dan/atau website resmi kompetisi.

 

Peraturan Peserta

1. Setiap peserta harus mematuhi seluruh peraturan yang ditetapkan oleh panitia Tech-Innovation Challenge”
2. Peserta adalah siswa SMA/sederajat aktif yang terdaftar resmi pada suatu sekolah yang sudah terakreditasi oleh pemerintah.
3. Setiap karya yang dikirimkan merupakan karya orisinil dari tim peserta.
4. Setiap anggota tim harus didaftarkan secara resmi pada kompetisi ini. Penambahan anggota tim yang tidak terdaftar secara resmi dapat dianggap telah melakukan kecurangan.

 

Babak Penyisihan

1. Setiap kelompok mengirimkan sebuah presentasi (format file .pptx) dengan jumlah slide maksimum 30 buah, mengenai inovasi yang dibuat sesuai dengan parameter penilaian dan tema yang diberikan.
2. Presentasi yang dibuat harus diserahkan dengan nama file (ASAL SEKOLAH)_(NAMA KELOMPOK)_(JUDUL INOVASI).pptx ke platform uploader yang akan dibuka mulai pada tanggal 7 Oktober 2016 pukul 00:00 WIB.
3. Presentasi diserahkan maksimal pada tanggal 5 November 2016 pukul 23:59 WIB.
4. Ruang lingkup permasalahan akan diberitahukan setelah pendaftaran ditutup.

Babak Final

1. Finalis akan dipilih dari 5 (lima) kelompok
2. Finalis diwajibkan mempresentasikan hasil karyanya pada puncak acara U-NNOVATION2016, yang bertempat di Aula Barat Institut Teknologi Bandung*

*ketentuan lebih lanjut akan diberitahukan

Timeline Keseluruhan Lomba

[11/09 – 06/10] Pendaftaran Lomba, melalui website resmi U-NNOVATION2016

[07/10 – 05/11] Tahap Preliminary Lomba, pengerjaan karya tulis

[18/11] Pengumuman Finalist Lomba untuk jenjang SMA dan Universitas

[1/12] Grand Final & Seminar, Puncak Acara di Aula Barat ITB

 

Pembayaran

   - Biaya pendaftaran untuk satu kelompok adalah Rp 75.000,-
   - Pembayaran dapat dilakukan via transfer ke rekening berikut

7771538316
a/n Adrian Susanto
BCA Cabang Dago

Kontak

   - Valdy (087781752276)
   - Evan (089610474991)
   - comp16@gmail.com