HME Week Day 1

tumblr_inline_oclege3WB01u0dcou_1280
Kuliah perdana semester 3. Hari dimana langkah awal perjuangan Megatron di bidang keprofesian masing-masing dimulai. Semangat sangat nampak jelas di wajah kami. Hari ini juga hari dimana Megatron beramai-ramai dengan bangga mengenakan jaket abu-abu himpunan. Himpunan yang baru saja meresmikan kami sebagai anggota muda Himpunan Mahasiswa Elektroteknik.
Kuliah perdana disambut dengan adanya HME Week. Kami -yang saat ini masih anggota muda HME- tidak tahu persis apa itu HME Week. Apakah ini acara rutin HME setiap awal semester baru ? atau acara yang sengaja dipersiapkan untuk menyambut kami sebagai anggota baru HME ? kami tidak tau. Mungkin untuk beberapa anggota Megatron yang sudah sering berhimpun di sekretariat HME telah mencari-cari tahu tentang HME Week. Sedangkan beberapa yang lain hanya mengetahui dari postingan official acount HME. Poster-poster HME Week sudah mulai tersebar beberapa hari sebelum hari pertama kuliah {HME Week Day 1 berkaitan dengan keprofesian power, HME Week Day 2 berisi keprofesian elektro, juga HME Got Talent sebagai HME Week Day 3, dan lain acara lainnya} Oleh karenanya, beberapa anggota Megatron sudah merencanakan kehadiran dan mengosongkan jadwal di hari-hari tersebut.
HME Week Day 1 merupakan acara yang diisi oleh keprofesian power atau Teknik Tenaga Listrik. Didalamnya meliputi kegiatan belajar mengoprek Tesla coil dan Solar panel. Meskipun materi yang akan disampaikan adalah materi salah satu keprofesian di elektroteknik, pada kenyataannya anggota Megatron yang antuisias untuk hadir dan ikut belajar bukan hanya dari program studi Teknik Tenaga Listrik saja. Dua jurusan lain juga tak luput untuk hadir meskipun memang pada keseluruhan peserta HME Week Day 1 terdominasi oleh mahasiswa power. Sebagian besar peserta adalah Megatron. Mungkin memang materi yang disampaikan sudah didapatkan oleh Magneto dan Potensio sehingga sasaran peserta yang dituju adalah anggota Megatron.

 

tumblr_inline_oclegwUdeh1u0dcou_1280

Dimulai dengan penjelasan singkat mengenai Tesla coil. Lalu dilanjut dengan percobaan mandiri oleh peserta untuk mengamati Tesla coil yang telah disiapkan oleh pemateri. Sayangnya kami tidak diajarkan untuk membuat Tesla Coil karena keterbatasan alat untuk praktik dan waktu yang memang cukup singkat. Meski demikian, massa Megatron antusias dalam hal ini, walaupun beberapa peserta memilih untuk tidak mencoba karena kurang berani dan lain sebagainya. Berikutnya adalah ngoprek solar panel. Tidak lupa dengan penjelasan singkat oleh pemateri terlebih dahulu dan dilanjut dengan workshop ngoprek yang ditunggu-tunggu. Untuk mahasiswa yang baru masuk jurusan seperti kami, ngoprek-ngoprek seperti itu sangat menarik dan asik bagi kami. Untuk solar panel ini kami benar-benar praktik langsung menggabungkan wafer-wafer atau kepingan solar panel kecil menjadi satu rangkaian yang lebih besar atau luas dengan menyoldernya. Meskipun beberapa sudah ahli dalam solder menyolder, tetapi untuk sebagian lain yang baru belajar dalam hal-hal ke-elektro-an. Acara ngoprek bareng seperti HME WEEK Day 1 ini menjadi awal yang baik untuk belajar kedepannya. Semua peserta antusias hingga berebut giliran untuk mencoba solder-menyolder menggabungkan antar sel solar panel. Selain itu, awal acara HME Week yang asik ini memicu peserta Megatron untuk hadir ke Day-Day berikutnya dengan harapan acaranya berjalan asik dan menarik pula. Tidak ketinggalan juga, kelancaran dan menariknya acara HME Week Day 1 tidak terlepas dari pemateri dan kakak-kakak Magneto Potensio atau angkatan atas lainnya yang membantu dengan asik serta memberi contoh kepada angkatan kami, Megatron.

tumblr_inline_oclehb84Jo1u0dcou_1280

1 Comment on “HME Week Day 1

Comments are closed.